Selasa, 26 Oktober 2010

DECODER


Rangkaian Digital : Rangkaian Decoder dan Multi Plekser

Decoder  adalah suatu rangkaian kombinasi yang mengkonfersikan informasi dari n jalur input ke m jalur output unit dengan m<2 dan disebut jalur n- ke- m. Decoder ini juga merupakan rangkaian logika yang berfungsi mengkode ulang atau menafsirkan kode-kode biner yang ada pada inputnya menjadi data asli pada outputnya. Dan fungsinya merupakan kebalikan dari fungsi decoder yakni merubah data yang ada pada inputannya menjdi kode-kkode biner
Rangkaian Digital sering kali dimulai dengan sebuah table kebenaran (logika). Persoalan selanjutnya adalah bagaimana menyusun rangkaian logika yang mempunyai fungsi logika tersebut. Multiplekster memberikam cara yang sederhana untuk mentranformasikan table logika kedalam rangkaian logika yang ekivalen yakni dengan cara menggunakan bit-bit data masukan yang sama dengan bit-bit keluaran yang di inginkan dalam table logika.

Multiplekser  : berarti mentransmisikan sejumlah besar unit informasi melalui sejumlah jalur kecil. suatu multiplekser digital merupakan suatu kombinasi yang memilih informasi biner dari salah satu jalur input dan meneruskan ke jalur output tunggal. Multiplekser ini juga merupakan rangkaian logika yang berfungsi memilih data yang ada pada inputnya untuk disalurkan ke outputnya dengan bantuan sinyal pemilih  atau sinyal kontrol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar